TAHUN 2003: FACEMASH.COM
23 Oktober 2003, merupakan titik awal seorang mahasiswa psikologi
Universitas Harvard, Mark Zuckerberg untuk memasuki dunia jaringan
sosial dimana ia mulai bereksperimen dengan menciptakan Facemash.com.
Facemash.com sendiri merupakan situs yang memperbolehkan pengunjungnya
(kebanyakan dari mahasiswa Harvard) untuk membandingkan 2 gambar
mahasiswa yang mana yang lebih "hot" (cantik) dan mana yang tidak.
Darimanakah gambar mahasiswa tersebut berasal? Gambar itu didapatkan
oleh Mark dengan me-hack database Universitas Harvard. Besoknya,
mahasiswa-mahasiswa yang marah meminta Mark untuk menutup situs
tersebut. Walaupun begitu, Mark telah membuktikan bahwa orang-orang suka
membuka Internet untuk melihat foto-foto orang lain.
TAHUN 2004: THEFACEBOOK.COM
Pada tanggal 11 Januari 2004, Zuckerberg mendaftarkan domain
thefacebook.com yang terinspirasi dari insiden Facemash dan dimodelkan
dari Friendster. Mark juga mengatakan bahwa ia ingin menciptakan sebuah
situs web yang dapat menghubungkan orang-orang di dalam Universitas. Ia
menyadari bahwa Harvard membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk
mengimplementasikan sistem tersebut, sedangkan ia da teman-teman
Harvard-nya hanya membutuhkan waktu seminggu.
Sesudah Mark menyelesaikan situs tersebut, diketahui bahwa hanya dalam
waktu 24 jam, 1.200 (seribu dua ratus) mahasiswa Harvard telah
mendaftarkan diri mereka di situs tersebut dan jumlah itu setara dengan
setengah jumlah seluruhnya mahasiswa tingkat akhir.
6 hari sesudah peluncuran tersebut, dikatakan bahwa ternyata Mark juga
sedang dalam pengembangan situs lain yang disebut HarvardConnection.com
untuk Cameron Winklevoss, Tyler Winkelvoss dan Divya Narendra yang
akhirnya menuntut Mark dengan tuntutan bahwa ia telah mencuri ide
mereka, yakni Facebok. Mark dan pihak-pihak ini akhirnya menyelesaikan
masalah ini dengan solusi yang dirahasiakan.
SEAN PARKER DAN INVESTASI SEBESAR 500.000 US DOLAR
Tidak lama sesudah peluncuran dan perkembangannya, co-founder dari
Napster, Sean Parker menemukan thefacebook.com di komputer pacarnya. Ia
kemudian terbang ke New York untuk bertemu dengan Mark yang pada
akhirnya ia mulai menjadi penasihat thefacebook.com secara tidak formal.
Di bulan Juni 2004, Facebook mendapatkan investasi pertamanya dari
Peter Theil, founder PayPal sebesar $ 500.000 sebagai ganti dari 10.2%
saham perusahaan. Sean Parker juga diangkat menjadi presiden dari
perusahaan yang baru berdiri tersebut.
thefacebook.com terus dikembangkan ke luar kampus hingga akhirnya pada
tanggal 30 Desember 2004, lebih dari 1 juta orang telah menjadi anggota
thefacebook.com
TAHUN 2005-2009: FACEBOOK.COM
Di Agustus 2005, thefacebook.com berganti nama menjadi facebook.com
dengan harga $ 200.000 (200.000 US Dolar). Pada tahun tersebut,
Facebook.com mendapatkan berbagai investor dan mulai bekerjasama dengan
Apple dan Microsoft. Di akhir 2005, Facebook telah menyebar di US,
Canada, Mexico, UK, Australia, New Zealand dan Irlandia.
Tahun-tahun berikutnya tidak begitu cerah bagi Facebook. Hal ini
disebabkan Facebook mengalami kerugian sampai pada batas Facebook harus
menjual saham-sahamnya untuk membalikkan kembali aliran pendapatan ke
arah positif. Tetapi walaupun begitu, Facebook terus berkembang hingga
di tahun 2009 Facebook mulai berhasil meningkatkan pendapatannya kembali
ke angka yang positif.
TAHUN 2010-2012: FILM DAN AKUISISI INSTAGRAM
Di tahun 2010, Facebook terus berkembang dan memunculkan berbagai
teknologi hingga akhirnya dibuatlah film dokumentasi "The Social
Network" oleh David Fischer, yang menceritakan mengenai asal mula
Facebook dan kisah hidup Mark Zuckerberg.
Perkembangan Facebook terus terjadi, tahun berikutnya Facebook merilis
aplikasi iPad, bekerja sama dengan Skype dan Heroku, mengubah interface
dengan basis Timeline, mengubah halaman login dan profil. Hingga pada
tahun 2012, Instagram dibeli oleh Facebook dengan harga 1 Miliar US
Dolar dan mencapai 1 Miliar Pengguna. Tidak hanya itu saja, di tahun
2012, Mark Zuckerberg berhasil mendapatkan 22% kepemilikan Facebook.
TAHUN 2013: BERSAING DENGAN GOOGLE
Di Januari 2013, Facebook memperkenalkan Pencarian Graph yang
memperbolehkan user untuk mencari apa yang mereka mencari berdasar pada
teman dan koneksi mereka. Fitur ini memperbolehkan Anda untuk mencari
dari data yang diberikan oleh teman untuk menemukan hal-hal yang menarik
bagi Anda, seperti restoran, musik dan sebagainya. Ini merupakan titik
pertama Facebook untuk melakukan persaingan dengan Google dalam hal
pencarian.
Sumber : (tahupedia)
0 comments